Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penampakan Perkampungan di Bawah Kota Jakarta, Pintu Masuk Kayak Lubang Semut tapi Dalamnya Ada Mushola hingga Sekolah

Tempat tersebut terlihat sangat sempit dan gelap, untuk masuk pun harus membungkukan badan.

Washifmedia.com - Jakarta masih menjadi tujuan favorit para perantau untuk mengadu nasib. Harapan memiliki pekerjaan dan penghasilan yang layak jadi salah satu alasan merantau ke ibu kota.

Hal ini justru menimbulkan berbagai masalah, mulai dari lapangan pekerjaan hingga ketersediaan pemukiman.

Tak heran jika penduduk kelas bawah terpaksa tinggal di tempat yang tidak layak, salah satunya di bawah jalan tol.

© Youtube Bang Brew TV

Di lingkungan yang terbatas inilah, para pendatang dari berbagai latar belakang hidup berdampingan dan terus berjuang di kerasnya kehidupan Jakarta.

Seperti yang terlihat dalam tayangan di channel YouTube Bang Brew TV. Ia memperlihatkan kondisi pemukiman warga yang berada di bawah jalan tol di Jakarta.

Pintu masuk ke tempat tersebut terlihat sangat sempit dan gelap, seperti lubang semut. Untuk masuk pun harus membungkukkan badan. Begitu masuk, terlihat rumah-rumah berdempetan.

© Youtube Bang Brew TV

Menariknya, sejumlah warga membangun rumah petak seperti pemungkiman pada umumnya di tengah keterbatasan lahan.

Tampak warga di bawah jalan itu tengah melakukan aktivitasnya. Ada yang duduk bersantai sambil bermain HP di depan rumah. Ada juga tidur di kursi panjang yang diletakkan di emperan rumah.

© Youtube Bang Brew TV


Pemukiman di bawah jalan tol itu juga memiliki sejumlah fasilitas umum, salah satunya musola yang dibangun bersama-sama.

Salah seorang warga mengatakan bahwa biaya pembangunan mushola berasal dari sumbangan seorang ustazah terkenal.

“ Biayannya ini dari Ustazah Oki, warga bergotong royong membuat,” kata warga.

© Youtube Bang Brew TV

Di sudut lain, terdapat sekolah di mana terlihat anak-anak tanpa seragam sedang belajar bersama. Ruangan sekolah pun tampak dihias warna warni dengan gambar yang menarik.

Tak hanya itu, sejumlah warga juga membuka warung kecil-kecilan berjualan sembako dan makanan. Karena rumahnya berdempetan, warga tidak memasang pagar.

Tidak bisa dibayangkan betapa sempit dan sesak rumah-rumah berdempetan di bawah jalan tol itu. Namun dari wajah-wajah warga di sana, mereka tampak tidak tertekan kondisi tersebut.

Washifmedia.com 


Posting Komentar untuk "Penampakan Perkampungan di Bawah Kota Jakarta, Pintu Masuk Kayak Lubang Semut tapi Dalamnya Ada Mushola hingga Sekolah"