Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Panen Karya Trisentra Pendidikan - SDN 2 Sukamaju Kota Tasikmalaya

             https://youtu.be/Ms0v-kNsgrA


KOTA TASIKMALAYA, WASHIFMEDIA.COM SDN 2 Sukamaju telah menggelar acara *Panen Karya Trisentra Pendidikan* dengan judul _Bersama Tumbuh, berdaya, berkarya yang Bermakna Untuk Membangun Ekosistem Pendidikan Demi Terwujudknya Karakter Profil Pelajar Pancasila_. 

Acara yang sangat meriah dan menjadi suguhan yang membahagiakan untuk seluruh kalangan. Mulai dari siswa, orang tua, guru, ataupun masyarakat. Terselenggaranya acara ini, selain untuk memberikan kesempatan kepada siswa  “mengalami pengetahuan” sebagai proses penguatan karakter sekaligus kesempatan untuk belajar dari lingkungan sekitarnya. Namun lebih dari itu, untuk sekarang ini adalah lebih kepada merayakan prestasi luar biasa dari generasi muda yang telah menyelesaikan tahap pendididkan. 

Hal dan hari yang sangat istimewa ini adalah awal dan babak baru dalam hidup semua generasi muda di jenjang Sekolah dasar ini. Pastinya ucapan selamat atas pencapaian luar biasa yang telah diraih ini.
     

Tampilan yang disuguhkan dalam *Panen Karya Trisentra Pendidikan* diantaranya adalah Tasyakuran Pelepasan & Perpisahan Kelas VI,  _exhibition_ (pameran) hasil karya Peserta didik, Pentas Seni Peserta Didik, Pentas Seni Orang Tua/Wali Murid, Pentas Seni Guru, dan Leksikon SDN 2 Sukamaju. 
Pelaksanaan ini sengaja di gelar sebagai perayaan, apresiasi, dan mendekatkan secara langsung kepada seluruh siswa metode pembelajaran aktif terlibat dalam dunia nyata dan projek  yang bermakna secara pribadi. Projek yang memberikan kesempatan bagi siswa untuk belajar di situasi belajar secara langsung (aplikatif), yang berbeda dalam situasi yang lebih tidak formal, struktur belajar yang fleksibel, kegiatan belajar yang lebih interaktif dan juga terlibat langsung dengan lingkungan sekitar (kolaboratif) dan lintas mata pelajaran untuk penguatan karakter dan kompetensi umum (transversal atau general competences). 

Dengan tetap mengindahkan Prinsip-prinsip projek penguatan Pelajar pancasila yang holistik, kontekstual, berpusat pada murid, dan eksploratif. 


Lebih lanjut disampaikan juga bahwa *Panen Karya Trisentra Pendidikan*  di SDN 2 Sukamaju ini sengaja dikonsep secara terintegrasi dimana pembelajarannya baik dalam segi Pengetahuan dan keterampilan (kompetensi) yang dalam projek terdiri dari lintas disiplin ilmu, berpadu dan melebur, tidak dipisahkan lagi mana yang merupakan bagian dari mapel-mapel. Seperti sekarang ini terekspos jelas  kearifan lokal, bhineka tunggal ika, berekayasa dan berteknologi untuk membangun NKRI, dan Kewirausahaan secara sederhana. Projek ini berfokus pada proses menuju kompetensi dan karakter yang diharapkan terbangun pada anak, bukan pada produk atau hasil akhir. 

Kegiatan kreativitas guru, siswa, dan orang tua di bidang kreasi ditampilkan dalam sebuah pentas seni diantaranya ada bermaian degung dengan diiringi nyanyian khas sunda, Upacara adat,  penampilan puisi, mendongeng, nyayi solo, paduan suara, tarian tradisional dan/atau modern dan yang tidak kalah serunya adanya tampilan band religius dari Hijrah voice.


Di tempat yang sama Pengawas Bina SDN 2 Sukamaju menyampaikan hal yang sama bahwa Dinas Pendidikan sangat mengapresiasi mudah-mudahan terus ditingkatkan lebih baik lagi sehingga akses layanan pendidikan semakin bermutu mulai dari infut, proses, dan outfutnya. Peserta didik di SDN 2 Sukamaju potensinya sangat besar, disamping lingkungan sekolah yang mempunyai sumber daya alam yang melimpah, diharapkan dari hasil karya yang dihasilkanpun sangat berguna sekali untuk kehidupan siswa di masa mendatang, salah satunya melalui kewirausahaan. Tentunya melalui dibukanya jalan seperti ini, setiap lulusan  lebih memunculkan keberanian untuk merangkul tantangan, gigih menghadapi rintangan, melihat _effort_  sebagai jalan untuk menjadi ahli, mampu belajar dari kritikan, dan mampu belajar untuk mencari inspirasi dari kesuksesan orang lain sehingga dimensi profil pelajar pancasila dapat terwujud merdeka dengan peluk kebahagian.

Washifmedia.com

Posting Komentar untuk "Panen Karya Trisentra Pendidikan - SDN 2 Sukamaju Kota Tasikmalaya "